Wrote About Technology, Lifestyle, Hobbies.

Perlu diketahui sebelum Investasi! Berikut ciri yang SCAM

Pandemi belakangan ini, banyak orang yang berbondong-bondong melakukan investasi yang sedang trend di dunia digital seperti saham, e-gold, kripto dan sejenisnya dan ada beberapa yang ternyata merupakan sistem multi level marketing. Investasi dikala pandemi meningkat pesat dan banyak orang yang tergiur dengan ragam jenis investasi yang ditawarkan dan bermunculan karena adanya banyak pekerja yang dirumahkan atau di PHK.
Bahkan sebagian investasi yang diduga SCAM juga sempat viral dan dilaporkan oleh para korbannya yang tentu saja korbannya tidak sedikit. Untuk itu saya hanya berpendapat dan beropini saja agar dalam memilih investasi tidak semata tergiur dan akhirnya menyesal karena merasa dirugikan karena merasa ditipu.

Saya juga sangat menyayangkan banyak sekali aplikasi ilegal yang bebas masuk playstore, jika tidak diawasi oleh orang tua anak-anak juga dapat dengan mudah mengakses aplikasi dan bukan sepantasnya menjadi konsumsi mereka. Mungkin pemerintah perlu tegas mempunyai regulasi untuk sortir aplikasi yang masuk ke Playstore.

Investasi (edited by hidin)
Source : Flickr
Edited : Hidin
Ok berikut adalah hal yang perlu diketahui sebelum memilih investasi sehingga mengurangi tindakan korban money game dan penipuan dan sejenisnya :
  • Pelajari terlebih dahulu investasi yang ditawarkan, cari sumber terpercaya dan review dari mereka jika reviewnya memang negatif sebaiknya anda perlu meragukannya.
  • Easy money, jangan tergiur oleh banyaknya income yang diperoleh dengan instant tanpa tahu cara kerja income yang diperoleh dari mana.
  • Penarikan uang investasi / withdraw dipersulit atau dilimit yang tidak masuk akal.
  • Aktivitas bisnisnya ilegal dan belum terdaftar OJK tentu dilarang pemerintah, kalau ada sebagian dari mereka mengatakan sedang di proses di OJK mereka hanya berdalih, jika memang tidak dilarang pasti biasanya sudah terdaftar OJK namun tetap hati-hati.
  • Informasi yang diberikan developer aplikasi / perusahaan tidak benar, seperti point 4 yang berdalih.
  • Bonus atau hasil rekrut member yang modelnya MLM, tidak dibayarkan tanpa informasi yang jelas.
  • Aplikasi yang digunakan tidak publish resmi playstore/appstore dan download dipublish di server mereka sendiri, ini sangat mencurigakan.

Memang dalam memilih investasi kita harus benar-benar teliti, ada sebagian yang memang website masih diblokir karena dianggap masih ilegal seperti website trading crypto internasional atau sejumlah website lain namun di beberapa negara memang masih bisa diakses dan ada juga sebagian orang yang menggunakan jasa robot yang terdaftar OJK dan ada yang tidak. Jadi memang harus berhati-hati, saran saya pilihlah investasi legal dan diakui bisnisnya secara hukum dan pelajarilah bisnis model dari investasi tersebut untuk mengurangi hilangnya aset yang dimiliki.

loading...
Labels: Opini, Tips

Thanks for reading Perlu diketahui sebelum Investasi! Berikut ciri yang SCAM. Please share...!

0 Comment for "Perlu diketahui sebelum Investasi! Berikut ciri yang SCAM"

Silakan tinggalkan komentar anda sesuai posting.

Back To Top