Wrote About Technology, Lifestyle, Hobbies.

Mengatasi Excel 2013, 2016 dan 2019 yang nge-frame ketika Seleksi atau Pindah Cell

Akhir akhir ini lumayan terdapat bug atau sering sekali windows update yang justru menyebabkan system error atau kendala lain seperti yang sering terjadi setelah update justru driver lost atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini sering terjadi di windows 10, bahkan ada beberapa yang menyebabkan hardware tidak terdetect.

Source : Flicr
Edited : Hidin

Beberapa orang mungkin akan mengalami setelah update justru akan windows banyak error/bug. Salah satunya adalah bug jika laptop/komputer membuka excel maka akan seperti frame drop seperti lemot atau slow respon padahal spesifikasi laptop Processor core i7, Nvidia Grafis, 8GB  RAM dan SSD. Dengan spesifikasi tersebut masih tidak berpengaruh penyebabnya adalah karena terjadinya bug pada driver NVIDIA walaupun sudah di update masih sama tidak berpengaruh terkadang. Kesal mungkin ya, kalau kita tidak menemukan apa yang error, entah mengapa update monthly windows 10 sekarang banyak Bug.

Contohnya seperti ini excel yang slow respon karena driver Grafisnya kurang cocok.

Excel framing by hidin

Contoh Excel Framing
Source Pribadi

Ok langsung saja Cara untuk memperbaiki excel 2013 , 2016 dan 2019 nge-frame, ketika seleksi / pindah cell adalah sebagai berikut:

Disable Driver update NVIDIA.
  • Masuk start lalu pilih device manager atau dengan shortcut windows + x dan pilih device manager.
  • Cari di driver display adapters terus drop down pilihannya, dan pilih driver NVIDIA yang baru saja terupdate.
  • Lalu pilih disable device.
Otomatis setingan memakai grafis bawaan dari Intel HD Grafis yang terinstall, kemudian buka lagi excelnya jika masalah selesai maka kemungkinan akibat driver update ini.

Update driver Nvidia yang paling Baru
Beberapa driver mungkin tidak cocok untuk versi update, kita juga perlu update manual dengan mendownload drivernya bisa didapat disini.

Rollback atau uninstall latest quality update
Cara ini bisa masuk ke mode repair saat booting dengan memilih advanced options atau dengan menekan / tahan tombol Shift di keyboard kemudian bersamaan dengan pilihan restart, kemudian pilih Troubleshooting pilih advanced option kemudian pilih go back to the previous build atau uninstall updates pilih uninstall latest quality update ini juga membutuhkan password windows anda bukan PIN.

System restore atau downgrade ulang ke driver yang paling sesuai terakhir.
Sama seperti opsi 3 masuk ke menu advanced option untuk mode trobleshooting, kemudian pilih system restore kemudian restore jika ada pilihan tanggal yang pada waktu itu system masih belum error atau terupdate.


By the way, Walaupun kalian telah disable hardware graphic acceleration di menu advanced di excel, itu tidak akan berpengaruh.
Pengalaman saya point satu paling menolong jika anda ingin tetap menggunakan penggunaan grafis saran saya ketika untuk aktivitas lain di enable lagi seperti untuk game atau render atau jika sangat terpaksa anda repot untuk setting ulang bisa juga dengan mendowngrade excel yang digunakan.

loading...
Labels: Aplikasi, IT, Microsoft Office, Tips, Windows 10

Thanks for reading Mengatasi Excel 2013, 2016 dan 2019 yang nge-frame ketika Seleksi atau Pindah Cell. Please share...!

0 Comment for " Mengatasi Excel 2013, 2016 dan 2019 yang nge-frame ketika Seleksi atau Pindah Cell"

Silakan tinggalkan komentar anda sesuai posting.

Back To Top